WELCOME

Selamat datang di LEMONADE PHOTOGRAPHY. jika anda menyukai artikel-artikel saya, jangan lupa tinggalkan jempol anda (LIKE) atau komentar sebagai oleh-oleh. Terima kasih telah mengunjungi dan Selamat melihat-lihat... HOPE YOU LIKE THAT. :)

YANG LAGI ANGET :





ORIGIN VISITOR :

TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.
muhammad yanis On Jumat, 07 Maret 2014

Askum Asob Asob Sekalian Alam. . .

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba berbagi dengan sobat sobat semua tentang sesuatu yang mungkin sudah sangat pasaran dikalangan photografer. Meskipun demikian, hal ini nggak akan mengubah niat saya untuk berbagi sedikit dari yang saya tau kepada sobat sobat Lem-Pho sekalian tentang "Cara Membuat dan Bereksperimen Bokeh dari alam sekitar". hehehe

Mungkin sobat sudah sangat sering mendengar istilah yang satu ini dalam dunia fotografi ? Sebenarnya, apa sih bokeh itu ? 
Bokeh sebenarnya berasal dan diambil dari bahasa Jepang "Boke" yang artinya “menjadi kabur atau buram atau biasa juaga dikatakan titik luar dari fokus”. Pemakaian istilah ini dalam dunia fotografi merujuk pada efek kabur yang dihasilkan. Bokeh memanfaatkan sisi terbatasnya lensa kamera dalam hal DOF. Dengan adanya bokeh pada sebuah foto maka titik fokus yang jatuh pada sebuah objek akan menjadi sangat jelas, sedangkan areal selain fokus itu sendiri akan menjadi bokeh atau blur. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat gambar yang saya jepreet di bawah ini.

kembang sepatu bokeh


Pada gambar diatas, yang ditonjolkan adalah bunga kembang sepatu serta sari bunganya, sementara latar disekitarnya seperti daun tampak blur. Blur atau butiran-butiran bulat inilah yang disebut bokeh.

Menurut Ken Rockwell ( seorang fotografer professional dunia ) bokeh ada 3 macam yaitu :
  • Poor Bokeh yaitu sebuah titik luar fokus yang buram tetapi tidak nampak jelas.
Mengagumi Butiran Beras Yang Berjatuhan Lewat Shutter Speed 
  • Neutral Bokeh, hampir sama dengan poor bokeh dalam membentuk lingkaran titik fokus luar akan tetapi bokeh ini membuat areal out of fokus atau titik fokus luar menjadi sangat buram dan masih membentuk lingkaran bokeh yang halus. Sedangkan,
Mengintip Sunrise Dari Balik Daun Sirsak

  • Good Bokeh sendiri adalah titik luar fokus yang buram dan sangat halus dan masih membentuk lingkaran buram akan tetapi memiliki gradien.
Bermain Shutter Speed Dengan Butiran Air Yang Jatuh Dari Pucuk Rambutan


Meskipun prinsip kerjanya berdasarkan cara kerja indera mata, namun tentu saja kamera memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan mata kita. Salah satu kekurangan tersebut adalah terletak pada Depth of Field (DOF). Mata kita memiliki DOF yang hampir tak terbatas, sementara lensa kamera DOF-nya terbatas. Bidang fokus lensa kamera tidak seluas bidang fokus mata. Akan tetapi, justru dengan memanfaatkan kekurangan ini, para fotografer dapat menghasilkan foto dengan efek "BOKEH" yang menawan.

Bokeh sering dipergunakan dalam fotografi makro, model, jurnalistik, dll. Tergantung pada si fotografernya ingin menonjolkan apa dalam foto tersebut. Lain halnya dengan fotografi arsitektur dan landscape yang hampir nggak pernah menggunakan bokeh dalam kreasinya dan cenderung memiliki bidang fokus dari ujung sisi ke ujung sisi lainnya.

  • Langkah pertama, gunakanlah mode manual/Aperture Priority 
  • Selanjutnya pilihlah besaran aperture sebesar mungkin. Tulisan f/x pada lensa anda mewakili besarnya aperture. Semakin kecil nilai x, maka semakin besar aperture-nya, dan itu artinya bidang focus semakin sempit. 
  • Jangan lupa perhitungkan jarak. Jarak antara obyek dengan latarbelakang sangat berpengaruh pada efek bokeh yang dihasilkan. Semakin jauh jarak latarbelakang dari obyek fokus, semakin kabur latar yang dihasilkan. 
  • Untuk obyek yang berdiri sendiri, tidak masalah menggunakan mode Auto pada lensa fokus. Namun jika obyek banyak, dan anda ingin memfokuskan bidikan pada salah satunya, sangat disarankan menggunakan mode Manual. 
  • Untuk berkreasi dengan bokeh, lensa non zoom dengan aperture besar adalah pilihan yang tepat. 

Cuma segini aja ne sob yang bisa saya bagi. Kalau ada saran dan masukan silahkan jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar. Semoga artikel tentang BOKEH di atas dapat bermanfaat buat sobat-sobat sekalian. ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments